Sabtu, 03 September 2011

Rangkuman Pengantar Teknologi Informasi


- Data : merupakan kumpulan fakta yang terdiri dari teks, simbol, gambar, audio, video, atau kombinasinya yang mewakili objek yang direkam.
- Informasi : merupakan kumpulan data yang sudah diolah/diproses sedemikian rupa sehingga memiliki makna di dalamnya. Sifat informasi ada dua yakni :
1. Perfect (pasti)
2. Imperfect (tidak pasti).
Untuk sumber informasi dapat diperoleh dengan melakukan observasi, kuesioner, pemodelan, dll. Sedangkan karakteristik informasi yang baik meliputi : tepat waktu, akurat, mudah diakses, berhubungan, dll.
Informasi sendiri mengalami beberapa pergantian Evolusi.
1.       Abad Pertanian (Tahun < 1800)
2.       Abad Industri (1800 - 1957)
3.       Abad Informasi (1957 - sekarang)
Evolusi Abad Infromasi sendiri menghasilkan masyarakat informasi, yakni masyarakat lebih dominan bekerja di bidang informasi daripada bidang lainnya.
Gambar 1.1 Konsep Data dengan Informasi
- Pengetahuan : merupakan hasil proses memahami informasi yang diperoleh.
 
Gambar 1.2 Hubungan Data, Informasi, Pengetahuan, dan Keputusan
- Teknologi : Suatu disiplin ilmu yang berkaitan erat dengan bidang seni atau sains dimana pengaplikasiannya berhubungan dengan industri atau bisnis.
- Teknologi Informasi : Pengaplikasian bidang seni atau sains dalam hal ini peralatan elektronika untuk mendukung pemrosesan informasi. Contoh : spreadsheet, mikrokomputer, CD-ROM, dll.
Tujuan TI adalah untuk menumbuhkan kreativitas, efektifitas, efisiensi, sekaligus digunakan untuk memecahkan masalah.
Fungsi TI adalah untuk menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), melakukan transmisi (Transmission).
Alasan mengapa TI sangat diperlukan adalah karena mampu menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan kompleksitas tugas manajemen, pengaruh dari globalisasi, diperlukan respon waktu yang cepat dalam menyelesaikannya, adanya persaingan bisnis, dan ingin meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Komponen TI
Komponen TI terdiri dari :
1.       Hardware (Perangkat Keras) : Bagian fisik atau luaran dari sebuah teknologi, Seperti monitor, mouse, keyboard, dll
2.       Software (Perangkat Lunak) : Suatu objek yang di dalamnya membentuk konfigurasi seperti program, dokumen dan data.
3.       Brainware : manusia yang berhubungan dengan komputer
TI dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, hiburan, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar